Senin, 21 Juli 2014

Ngaji huruf hijaiyah dzal




Dzal, pribadi yang bertutur lembut

Komunikasi adalah bagian terpenting dalam kehidupan. Sebab dengan komunikasi hablumminannas  itu terjaga. Nah, menginjak separuh penulisan mengenal karakter diri manusia melalui huruf hijaiyah yang terdapat pada awalan nama atau bagian namanya.

Saya Roni Nuryahya ingin menegaskan bahwa : untuk mengartikan karakter diri dan perjalanan hidup seseorang mulai kecil hingga mati tak bisa dilihat dari satu huruf awalan saja, namun harus lengkap atau minimal 7 huruf hijaiyah yang tersusun pada deretan nama seseorang.

“Tapi dengan satu huruf hijaiyah yang sudah saya buka minimal sudah bisa menjadikan dasar agar kita lebih mengenal Allah SWT pencipta semua di bumi ini”

Dan untuk huruf hijaiyah Dzal, Allah SWT menegakan bahwa seseorang yang namanya berawal nama dz, ataupun dalam susunan nama ada dz,  dipastikan dia mampu mengarahkan tutur sapa yang bagus.

Contoh Nama : Dzulfikar, Dzubaidah,Dzulkifli dll

Sebab hal itu didasarkan pada bentuk huruf hijaiyah dzal seperti orang duduk dengan posisi punggung sedikit membungkuk. Dan diatas terdapat mahkota, sehingga dengan karaketeristik itu dia dapat diartikan siapapun yang bertemu dengan pasti dia mampu mempengaruhi karena pesona kelembutan.

Tapi yang patut diingat bahwa kelembutan itu tak semua bertujuan baik. “ada kelembutan yang digunakan untuk memperdaya ataupun menipu”
Untuk itu selama tindakan dia (unsure:dz) baik, maka pengaruh disekitarnya juga baik. Dan sebaliknya jika contoh keburukan yang ditularkan maka keburukan juga akan memperngaruhi lingkungannya.

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. {Q.s. Al-Zalzalah: 7-8}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar